Film Indonesia Berangkat ke Ajang Festival Nordik, Wih!

HAI-Online.com – Meski pemeran utama film ini nggak berdialog, nyatanya pesan dari cerita di film 27 Steps of May begitu kuat.


Nggak heran, film garapan sutradara Ravi Bharwani ini mendapat porsi untuk mengikuti Ajang Festival Film Göteborg 2019, sebuah festival film terbesar di negara-negara Nordik, Eropa.


Nggak sembarangan, grup dari program festival memilih film-film mana saja yang cocok untuk dibawa ke Goteborg dengan cara melakukan perjalanan ke seluruh dunia, kemudian diputar pada festival yang dihelat mulai 25 Januari sampai 4 Februari 2019.


“Pemutaran film 27 Steps of May dalam Festival Film Göteborg menjadi penayangan perdana film ini di kawasan Eropa. Film ini akan ditayangkan sebanyak empat kali pada festival tersebut. Saya dan Rayya Makarim (Penulis Skenario) juga akan hadir untuk melakukan diskusi setelah pemutaran,” ujar Ravi Bharwani yang dikutip HAI dari TribunNews.


Festival ini memutar hampir 450 film dari sekitar 80 negara yang berpartisipasi. Film karya Garin Nugroho “Memories of My Body” juga masuk dalam festival tersebut.


Dua film tersebut akan diputar dalam program Five Continents, yaitu sebuah program yang memutar 70 film terbaik di tahun ini dari seluruh dunia.


Untuk diketahui bahwa film 27 Steps of May mengangkat pengalaman seorang perempuan untuk keluar dari trauma peristiwa pemerkosaan dan perjuangan seorang ayah selama 8 tahun mendampingi anak perempuannya untuk menemukan hidupnya kembali.


Film berdurasi 112 menit ini dibintangi oleh Raihaanun, Lukman Sardi, Ario Bayu, dan Verdi Solaiman.


Skenario digarap oleh Rayya Makarim, yang sekaligus menjadi produser film ini bersama Ravi Bharwani dan Wilza Lubis.


“May sudah melangkah di beberapa film festival, setelah ini kami berencana akan membawa pulang May ke Indonesia pada April mendatang. Kami sudah nggak sabar untuk mempersembahkan film yang memakan waktu produksi selama lima tahun ini untuk dinikmati penonton bioskop di Indonesia,” ujar Rayya Makarim.


Film 27 Steps of May pertama kali diputar di Busan International Film Festival 2018 lalu. Film ketiga Ravi Bharwani ini juga meraih film terbaik (Golden Hanoman Award) kategori film panjang Asia terbaik di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2018. Lalu pada ajang Film Festival Tempo 2018 berhasil menyabet dua piala penghargaan, Rayya Makarim sebagai Penulis Skenario Pilihan Tempo dan Raihaanun sebagai Aktris Pilihan Tempo. (*)


http://hai.grid.id/read/071619327/film-indonesia-berangkat-ke-ajang-festival-nordik-wih?page=all








0 views

© 2018 by Green Glow Pictures